Kamis, 19 Februari 2015

Pendopo Anjungan D.I Yogjakarta Taman Mini Indonesia Indah

Pendopo Anjungan D.I. Yogjakarta TMII
Halooo! Sudah lama saya tidak menulis blog. Kangen juga. Kali ini saya ingin memberikan informasi kepada pasangan muda yang sedang mencari gedung untuk acara pernikahan. Berdasarkan pengalaman saya aja sih. Tapi lumayan lah, bisa jadi referensi buat pembaca.

Buat kalian yang sedang mencari gedung untuk acara pernikahan, tidak usah diambil pusing, di Taman Mini Indonesia Indah semua gedung bisa disewakan untuk acara pernikahan. Termasuk anjungannya. Untuk harganya, setiap gedung tarifnya berbeda. Tergantung pada fasilitas yang ditawarkan. Nah, di sini saya akan fokus membahas tentang Anjungan D.I. Yogjakarta.

Pada saat nikah kemaren, saya mengadakan acara pernikahan di Anjungan D.I. Yogjakarta. Bentuk bangunannya menyerupai pendopo di Keraton Yogjakarta. Dengan dibalut ukiran cantik berwarna hijau, dan lampu gantung klasik yang dibuat sama persis dengan yang ada di Keraton Yogjakarta. Untuk ruang rias pengantin disediakan khusus dengan diberikan fasilitas AC dan Kamar mandi di dalam ruangan. Sedangkan ruang rias keluarga, dibangun seperti kediaman kerabat keraton. Kamar mandi pun ada di dalam ruangan. Untuk sewa gedungnya murah kok. Jika acaranya siang hari, sewa gedung hanya Rp 5.000.000,- saja. Sedangkan jika acaranya malam hari, dikenakan tarif Rp 7.500.000,-. Kita juga bisa menggunakan AC tambahan, per-AC dikenakan tarif Rp 250.000,-.

Anjungan ini juga menawarkan sewa gamelan ASLI yogjakarta. Jika kalian mengusung tema Yogjakarta sama seperti saya, saya sarankan agar menggunakan gamelan ini. Karena gamelan yogjakarta sampai saat ini masih belum dipublikasikan secara umum. Jadi belum ada CD/DVD gamelan untuk pengantin yogjakarta. Oleh karena itu, tarif sewanya lumayan mahal, yaitu Rp 4.000.000,- sudah termasuk dengan pemain gamelannya. Untuk kirab manten, saya sarankan minta lah gending Gatibrongto atau Gatipadasih. Gending ini memang khusus untuk kirab manten Yogjakarta.



Jika kalian ingin nenyuguhkan tarian, pihak anjungan juga menawarkan penari dengan tarif per orang Rp 700.000,-. Sayangnya, tarian yang mereka tawarkan adalah Tari Gatot Koco Gandrung, yang kita tahu bahwa itu adalah tarian yang berasal dari Solo. Jika kalian ingin tarian yogjakarta asli, minta lah tarian Kamajaya Kamaratih. Namun, untuk tarian ini memang tarifnya lebih mahal, yaitu per orang Rp 1.200.000,-. Hal ini dikarenakan, tarian Yogjakarta yang asli masih belum dipublikasikan untuk umum, sehingga dibutuhkan latihan khusus dengan diiringi gamelan aslinya.


Kalau saya sih, waktu itu lebih memilih penari dari luar. Saya memanggil penari dari Wayang Orang Bharata. Mereka memberikan tarif untuk tarian Kamajaya Kamaratih sebesar Rp 2.200.000,- sudah termasuk dengan pakaiannya. Jika kalian berminat, saya bisa memberikan informasinya secara terpisah.

Untuk cateringnya, pihak anjungan memiliki 2 rekanan. Pada waktu itu saya ditawari Catering Pasar Minggu. Saya rekomendasikan, pilih lah catering ini! Service dan dekorasinya memuaskan. Kita dibiarkan mengutarakan mau kita. Dekorasinya pun dibuat sesuai konsep. Masalah rasa, jangan ditanya deh! Semua tamu saya puas dan berkomentar, "Makanannya enak semua!". Jumlah makanan sesuai dengan yang kita minta. Tidak ada kecurangan yang sering dilakukan oleh beberapa pihak catering pada umumnya. Makanan dibereskan jika acara benar-benar sudah selesai. Masalah kebersihan pun, terjamin. Pihak catering juga selalu mengecek kekurangan kita apa saja.

Bahkan masalah tiket pun, mereka mau membantu. Oh iya, masalah tiket, tiketnya murah kok. Untuk tamu per orang hanya Rp 5.000,- saja. Tiket untuk panitia diberikan gratis oleh pihak TMII.

Pokoknya recommended lah! Mereka juga memiliki rekanan untuk perias pengantin dan wedding photography. Namun, jika kalian ingin ambil dari luar, mereka tidak keberatan. Saya waktu itu menggunakan perias dan photografer dari luar. Untuk wedding photoraphy, saya menggunakan Dimas Andrianto Photography. Jika ingin informasi lebih lengkapnya, saya akan berikan secara terpisah. Bagus kok hasilnya! Tarifnya juga disesuaikan dengan budget  kita. Namun, jika kita menggunakan wedding photography dari luar, kita akan dikenakan charge sebesar Rp 250.000,-. Tarif ini akan diakumulasikan ke dalam tarif sewa gedung.

Pokoknya kalian pasti puas deh! Ok deh, sudah malam nih. Waktunya istirahat. Semoga informasi dari saya berguna untuk para pembaca. Semangat terus yaaaa!





15 komentar:

  1. sore sis, aku mau mengajukan beberapa pertanyaan nih, bisa minta alamat emailnya utk bisa komunikasi. terima kasih.

    BalasHapus
  2. Sist, boleh minta PL untuk anjungan tmii & paket kateringnya? Ke emailku ya adisty.mega@gmail.com.

    Thankyou.: )

    BalasHapus
  3. Sore sis, bisa minta kontak untuk anjungan yogyanya buat nanya-nanya updatean terbaru... ke email rave.woodmack@gmail.com ya sis... danke

    BalasHapus
  4. Selamat Malam Sis, saya boleh minta kontak untuk anjungan jogjakarta , ke emailku rizkynoviand@gmail.com . Terima kasih ya

    BalasHapus
  5. Halo mba salam kenal aku efin dri jakarta...bulan nei 2016 nanti rencananya aku jga mau wedding disana.bisa bantu mba dishare foto untuk decorasi pelaminan....buffee...dan jalan menuju pelaminan, yosefin_respati@yahoo.com.
    Aku kemarin sempet lihat dekorasinya tapi standart banget....makasih ya mba

    BalasHapus
  6. boleh minta PL nya yg dr pasarminggu catering ya mbak? oya...kl di anjungan jogja apa ada charge2 ekstra? emailku indayu.rm@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  7. Mba.. boleh minta rincian biayanya ga.. tolong email ke tsaqiladiandrapoetriyanuar@gmail.com
    Thanks anyway

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii maaf baru bales. Masih butuh rincian biayanya? Tapi itu rincian biaya per januari 2015 loh. Februari sudah naik lagi

      Hapus
  8. Terimakasih Mba Tari Sitoresmi sudah puas dengan hasil foto dan video DIMAS adRIAnto31 Photography... dan terimakasih jg telah di rekomendasikan di dalam Blog yg mba tari buat...

    Bagi teman2 yg sedang membutuhkan jasa Dokumentasi foto dan Video dapat menghubungi saya Dimas Adrianto di 083873793159

    terimakasih..

    BalasHapus
  9. Over dp gedung sasana kriya ballroom mandira 12 agustus 2017, malam hari. Saya sudah dp 5.500ribu. Jual 4 juta saja. Jual rugi saja. Hubungi 081284113250

    BalasHapus
  10. maaf mau tanya, kalok di anjungan yogyakarta ada tempat penginapannya enggak? terus tarifnya berapa ya? terimakasih, mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau klo sekarang. Tapi dulu saya menginap di hotel santika. Posisinya di dekat pintu gerbang utama TMII

      Hapus
  11. Mlm sis boleh mnt contct utk paket wedding dsna bisa tlg diemail trims

    BalasHapus
  12. paket wedding all in, harga mulai 69jt

    - venue / subsidi
    - dekorasi
    - catering
    - rias / busana
    - entertaint
    - foto / video
    - team WO
    - MC

    info lengkap 0812 9934 7634 atau 0896 2606 4046

    BalasHapus