Kamis, 14 Juli 2011

Iseng Berbagi

Hai! Gw mau berbagi sedikit nih. Tahun lalu gw dapet tugas buat penelitian ilmiah sebagai syarat D3 gw. Dan gw harus buat sistem administrasi dengan menggunakan Delphi 8.0. Kenapa gw memilih Deplhi??? Karena menurut gw saat itu, Delphi adalah bahasa pemrograman yg paling mudah dan cepat untuk dipelajari. Bisa dibayangin kan gimana sempitnya waktu yg harus gw curi buat ngerjain penulisan bersamaan dengan padatnya jadwal kuliah??? Klo lo udah pernah pake Visual Basic (VB) dan PASCAL, lo pasti ngerti deh syntaxnya. Gak jauh beda kok :) Nah, pertama gw kasih penjelasan singkat dulu ya tentang bahasa pemrograman Delphi :)

Borland Delphi 8.0 adalah aplikasi pemrograman yang bekerja dalam lingkup windows. Seperti halnya MS-Visual Basic .NET, Borland Delphi 8.0 dapat memanfaatkan kemampuan MS-Windows secara optimal. Berbagai jenis aplikasi dapat dibuat dengan Delphi, termasuk aplikasi untuk mengolah teks, grafik, angka, database dan aplikasi web. Jadi sama aja kan dengan bahasa pemrograman VB :)

Berdasarkan pengalaman gw tahun lalu nih (gak tau juga klo sekarang), gw susah banget browsing listing program delphi. Nah, sekarang nih saatnya gw berbagi. di bawah ini gw kasih contoh listing program untuk membuat login. Mudah-mudahan aja bermanfaat :)

procedure TForm12.Label4Click(Sender: TObject);
begin
Label4.Hint:= 'Klik di sini jika Anda lupa password';
Label4.ShowHint:=true;
Form3.Show;
Form12.Hide;
end;

procedure TForm12.Label5Click(Sender: TObject);
var
Tombol : Integer;
begin
Tombol :=MessageDlg('Are you sure want to close?',mtConfirmation, mbOKCancel, 0);
if Tombol = mrOK then application.Terminate;
if Tombol = mrCancel then application.Run;
end;

procedure TForm12.Label6Click(Sender: TObject);
begin
Label6.Hint:= 'Klik di sini untuk login';
Label6.ShowHint:=true;
Form10.Show;
Form12.Hide;
end;

procedure TForm12.Edit2KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
if key=#13 then
begin
if Form1.CheckBox1.Checked=True then
begin
if DataModule13.Table5.Locate('Password',Edit2.Text,[]) then
begin
Edit2.Enabled:=False;
else
MessageDlg('Password Anda salah! Ini Bukan Bidang Anda!',mtWarning,[mbOK],0);
end;
end;
if Form1.CheckBox2.Checked=True then
begin
if DataModule13.Table6.Locate('Password',Edit2.Text,[]) then
begin
Edit2.Enabled:=False;
else
MessageDlg('Password Anda salah! Ini Bukan Bidang Anda!',mtWarning,[mbOK],0);
end;
end;
if Form1.CheckBox3.Checked=True then
begin
if DataModule13.Table7.Locate('Password',Edit2.Text,[]) then
begin
Edit2.Enabled:=False;
else
MessageDlg('Password Anda salah! Ini Bukan Bidang Anda!',mtWarning,[mbOK],0);
end;
end;
if Form1.CheckBox4.Checked=True then
begin
if DataModule13.Table3.Locate('Password',Edit2.Text,[]) then
begin
Edit2.Enabled:=False;
else
MessageDlg('Password Anda salah! Ini Bukan Bidang Anda!',mtWarning,[mbOK],0);
end;
end;
end;
end;

end.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar